Singo Edan Kampiun Inter Island Cup 2014

By
Updated: Minggu, 01/02/15 23:05
Singo Edan Kampiun Inter Island Cup 2014

Arema Cronus Indonesia sukses meraih gelar Inter Island Cup (IIC) 2014. Kepastian ini setelah Singo Edan, julukan Arema, mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Minggu (1/2) malam.

Dua gol kemenangan Arema dicetak oleh Fabiano Beltrame dan sang penentu Sengbah Kennedy di masa perpanjangan waktu. Sedangkan gol hiburan Maung Bandung dilesakkan Vladimir Vujovic. Laga ini juga diwarnai kartu merah yng diperoleh Hariono (Persib) dan Ferry Aman Saragih (Arema)

Persib tampil lebih menyerang ketimbang Arema di awal laga. Sentuhan pertama datang dari Maycon menerima terobosan Atep pada menit kedua namun tembakannya masih melebar ke sisi kanan gawang Arema. Sundulan pemain asal Brasil juga kembali mengancam gawang Arema di menit kelima tapi masih belum menemui sasaran.

Tantan yang lepas dari pengawalan bek Arema mendapat sodoran dari Dedi di menit ke-10. Sayang, tembakannya masih dapat ditangkap Made Wardhana. Selang satu menit, Samsul Arif menebar ancaman ke gawang Persib. Namun tembakannya masih ke samping gawang.

Tembakan keras Gonzales juga masih melambung di atas mistar Made Wirawan pada menit ke-17. Satu peluang didapat Atep pada menit ke-25, tapi sundulannya belum berhasil menjebol gawang Arema.

Hendro Siswanto melakukan percobaan tembakan jarak jauh di menit ke-40 tapi bola melambung di atas mistar gawang. Dua kali gawang Arema mendapat ancaman dari Maycon pada menit 45. Tembakannya masih dapat disapu bek Fabiano, bola memantul di hadapan Atep namun kembali dapat disapu bek jangkung Arema tersebut.

Awal babak kedua, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman menurunkan Koh Traore menarik Maycon. Permainan baru berjalan dua menit, Arema mendapat penalti setelah Tony Sucipto handsball di area terlarang. Fabiano pun mampu menjalankan tugasnya mengeksekusi dari titik putih.

Persib terus menggempur pertahanan Arema untuk menciptakan gol balasan. Tembakan keras Supardi di menit 66 sempat mengancam gawang Arema tapi masih dapat ditepis Made Wardhana. Traore akhirnya ditarik pelatih dan memasukkan gelandang serang Firman Utina di menit 68.

Pemain Arema, Dani memberikan umpan terobosan kepada Gonzales. Tapi tendangan volinya di menit 73 masih terlalu lemah dan mudah ditangkap Made Wirawan. Gol balasan akhirnya mampu diciptakan Vujovic menerima umpan silang Firman di menit 75. Sundulan bek asal Montenegro itu pun bersarang di gawang Made Wardhana.

Di menit ke-81, Persib mendapat peluang melalui Firman Utina tapi bola membentur tiang gawang. Peluang juga didapat Arema ketika Novian Dani di menit 84 tapi bola membentur mistar gawang. Hingga babak kedua berakhir skor tetap imbang 1-1 dan dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa perpanjangan waktu, Persib harus bermain dengan 10 orang setelah Hariono mendapat kartu merah di menit ke-100 akibat melakukan tekel dua kaki kepada Novi Andani.

Lima menit berselang, Persib harus bermain dengan sembilan orang setelah Firman mengalami cedera. Maung Bandung tak bisa melakukan pergantian pemain karena telah melakukan tiga pergantian sebelumnya.

Arema berhasil unggul di menit ke-117 babak tambahan kedua. Di depan kotak penalti, Gonzales memberikan umpan pendek dari sayap kiri kepada Sengbah Kennedy yang baru masuk di babak tambahan kedua. Pemain asal Liberia itu berhasil mengoyak jala Maung Bandung, mengubah skor menjadi 2-1, sekaligus menutup laga untuk kemenangan Arema.