A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: jcfg

Filename: core/MY_Controller.php

Line Number: 49

LIGA INDONESIA

Sekilas Jadwal Inter Island Cup (IIC) 2014

By
Updated: Selasa, 31/12/13 21:25
Sekilas Jadwal Inter Island Cup (IIC) 2014

PT Liga Indonesia telah menetapkan grouping babak penyisihan (kualifikasi zona) Inter Island Cup (IIC) 2014 pada Senin (30/12) kemarin. Kali ini usai merilis grouping, LIGA mengumumkan jadwal keseluruhan turnamen IIC 2014 sesuai Surat bernomor 1320/LIGA/XVII/2013.

Selain itu memperhatikan Surat LIGA nomor: 1318/LIGA/XII/2013 tertanggal 30 Desember tentang turnamen IIC 2014 babak penyisihan yang harusnya tanggal 10-14 Januari 2014 oleh LIGA direvisi menjadi 10-16 Januari 2014. Selanjutnya babak 8 besar digulirkan pada tanggal 18-22 Januari 2014. Dan puncaknya babak Grand Final digelar pada tanggal 25 Januari 2014. Namun venue Stadion  untuk babak 8 Besar maupun Final belum ditentukan oleh LIGA.

“Ya, setelah kita selesai melakukan grouping kemarin hari ini kita selesaikan jadwal IIC 2014. Tuan rumah babak penyisihan zona ditentukan oleh LIGA. Kita juga memberikan revisi khususnya babak penyisihan, info kepada tuan rumah dan seluruh peserta, bahwa babak penyisihan akan berlangsung pada 10-16 Januari, babak 8 besar pada 18-22 Januari dan Final pada 25 Januari,” kata Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia, Selasa (31/12).

Joko menambahkan, kecuali Zona Sumatera, pada babak penyisihan ini, setiap harinya akan menggelar dua pertandingan di masing-masing grup. Sebagai catatan, pada hari pertandingan terakhir (ketiga), tetap akan dilaksanakan dua pertandingan pada sore dan malam hari, apapun hasil pertandingan di hari pertandingan pertama dan kedua. Jadi, tidak ada pertandingan yang berlangsung bersamaan di dua stadion pada hari terakhir.

“Pendaftaran pemain tiap klub minimal 18 orang serta paling lambat pada tanggal 7 Januari 2014. Kami harap gelaran IIC 2014 lancar dan sukses. Selain itu kepada seluruh peserta IIC kami harap kerjasamanya dengan baik ” harap Joko.

Seperti diketahui babak penyishan IIC 2014 akan melibatkan 22 klub dari empat zona, dan terbagi dalam 6 grup. Zona Sumatera memiliki sistem dan format yang berbeda dengan tiga zona lainnya,  karena hanya terdiri dari dua klub, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Kedua kesebelasan tersebut akan bermain dengan sistem home and away, memperebutkan satu jatah lolos ke babak 8 besar.

Tiga zona lainnya, yaitu Jawa, Kalimantan dan Papua+Sulawesi, akan menggunakan format home tournament dan sistem setengah kompetisi.

Zona Jawa terbagi menjadi tiga grup. Grup Jawa-1 akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, terdiri dari Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persita Tangerang dan Persijap Jepara.

Grup Jawa-2 akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, terdiri dari Arema Indonesia, Persija Jakarta, Persepam Madura United, dan Persela Lamongan. Sedangkan Grup Jawa-3 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, yang akan diikuti oleh Persebaya Surabaya, Gresik United, Persik Kediri dan Persiba Bantul.

Masing-masing juara grup dari zona Jawa berhak lolos ke babak 8 besar. Dengan demikian, akan ada tiga wakil dari zona Jawa ke babak 8 besar.

Zona Kalimantan hanya terdiri dari satu grup, yang terdiri dari empat klub, yakni Barito Putera, Persiba Balikpapan, Persisam Samarinda dan Mitra Kukar. LIGA telah menetapkan Stadion Demang Lehman, markas Barito Putera, sebagai venue kualifikasi zona Kalimantan. Dari zona ini, akan ada dua tim yang berhak lolos ke babak 8 besar.

Zona Papua dan Sulawesi akan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura. Seperti di Kalimantan, zona paling timur ini juga hanya terdiri dari satu grup, yang terdiri dari Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui dan PSM Makassar. Dari zona ini pun, akan ada dua tim yang lolos ke babak 8 besar, yakni juara dan runner-up grup.

Comment