Persik Makin Mantap Di Puncak Klasemen

By
Updated: Selasa, 05/03/13 19:59
Persik Makin Mantap Di Puncak Klasemen

Persik Kediri semakin mantap bertengger di puncak klasemen Grup 5 Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013. Hal itu dipastikan usai Macan Putih sukses menumbangkan Persewangi Banyuwangi dengan skor tipis 1-0 di Stadion Brawijaya, Kediri, Selasa (5/3).

Gol tunggal klub kebanggaan Persikmania ini dicetak oleh Faris Aditama di menit 27. Dengan hasil ini Harianto dkk semakin berkibar di puncak klasemen Grup 5 dengan torehan poin 7. Sedangkan Persewangi turun satu strip ke peringkat 6 dengan meraup tiga poin.

Dari menit awal, Persik Kediri langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama diciptakan oleh tendangan bebas pemain belakang, M Fatchul di menit ke 5. Sayang, tendangan kerasnya masih ditepis kiper Persewangi. Sial bagi Persik, di menit 27 Oliver Makor diganjar kartu merah wasit karena menanduk gelandang Persewangi Luis Aguero.

Namun, bermain dengan 10 orang malah membuat Persik lebih trengginas dalam menyerang. Skuad asuhan pelatih Aris Budi Sulistyo ini akhirnya membuka keunggulan di menit ke 35 lewat sontekan Faris Aditama. Gol ini tercipta melalui umpan manis striker Persik, Chibana, Faris yang lolos dari jebakan off side langsung mencocor gawang Persewangi. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Persik Kediri, kedudukan ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kedua tim meningkatkan tempo serangan. Namun kokohnya pertahanan Persik gagal membuat Persewangi menyamakan kedudukan. Skor tipis untuk tuan rumah bertahan hingga laga berakhir.

Usai pertandingan, pelatih Persik, Aris Budi mengakui kunci kemenangan adalah faktor semangat dan kemauan pemain yang punya motivasi tersendiri. "Kendala dari kami mungkin finishing touch, yang membuat banyak peluang terbuang percuma. Kehilangan Makor sangat mengurangi kekuatan tim, saya akan evaluasi lagi finishing touch agar ke depannya, striker kita lebih tajam lagi," imbuhnya.

Di sisi lain, pelatih Persewangi Banyuwangi, Bagong Iswahyudi mengatakan sore ini adalah pertandingan yang bagus. "Sayang gol berbau offside, ya kita kurang beruntung, kita juga benahi barisan depan serta butuh playmaker," tambahnya.

Andik Purwanto, Manajer Persewangi, memberikan apresiasi kepada penampilan pemain Persewangi maupun Persik."Fair play akan kami junjung tinggi, dan kami legowo dengan kekalahan ini,"tutupnya.

Sementara itu di tempat lain, di Stadion Kota Batik Pekalongan, partai Persip Pekalongan melawan Persiku Kudus Grup 2, berakhir imbang 1-1. Gol Persip diciptakan oleh gelandang Nurcoyo menit 62, sedangkan gol penyama kedudukan dari Persiku Kudus ditorehkan oleh pemain pengganti Joko Purnomo menit 73.

"Kita akui pertandingan yang kurang baik, pemain kurang greget. Beruntung bagi Persiku yang mencuri poin dari kami. Gol lawan tercipta karena tendangan jarak jauh, tetapi belok kena kaki pemain belakang kita," kata Agus Riyanto, arsitek Persip usai pertandingan.

“Dengan hasil imbang ini, saya merasa puas karena target saya memang mencuri poin di laga tandang, dan akhirnya dapat, walaupun hanya satu poin. Tentang permainan, saya memang sengaja menerapkan negatif football. Mengenai perlakuan wasit sendiri, saya no comment, dan saya selalu berpesan kepada pemain agar fokus pada pertandingan dan jangan terpengaruh kepada keputusan wasit,” papar Lukas Tumbuan, pelatih Persiku.