Mahesa Jenar Raih Puncak Klasemen

By
Updated: Senin, 10/06/13 11:23
Mahesa Jenar Raih Puncak Klasemen

PSIS kembali meraih hasil positif dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama PT Liga Indonesia (PT LI) 2012/2013. Skuad arahan Firmandoyo pesta gol 5-0 (2-0) ke gawang Persikad Depok di Stadion Jatidiri, Minggu (9/6). Tiga gol diborong Addison Alves pada menit 20, 35 dan 76. Ini adalah kali pertama striker asing PSIS itu menciptakan hattrick. Adapun gol dua lain dihasilkan eks striker PON Jateng, Hari Nur, menit 48 dan 68.

Atas kemenangan itu, Laskar Mahesa Jenar merebut puncak klasemen sementara Grup II dengan 31 poin. Mahesa Jenar menggeser PSCS Cilacap yang di saat bersamaan ditahan imbang tuan rumah Persipur Purwodadi 1-1. Laskar Nusakambangan memiliki poin yang sama dengan PSIS, hanya saja kalah selisih gol.

Pelatih Persikad Wahyu Ramadhan mengakui ketangguhan tuan rumah PSIS. Bahkan dia menyebut lawannya sedang menggila dalam pertandingan. Permainan cepat yang diperagakan, membuat lini belakang Pendekar Ciliwung kocar-kacir sehingga tak mampu mengatasinya. ”Kami tak menyangka permainan PSIS sebaik ini. Mereka mampu membaca taktik yang kami mainkan. Cederanya Ronnie Carvalho di babak pertama membuat kami semakin kewalahan menghadapi permainan mereka,” tutur Wahyu yang menggantikan Meiyadi Rakasiwi di kursi pelatih.

Meski bermain tanpa Ronald Fagundez karena cedera, PSIS tetap mampu memberikan tekanan kepada tim juru kunci Grup II itu. Terus menekan, kebuntuan pecah pada menit ke-20. Menyambut tendangan bebas Imral Usman, Alves menyambarnya dengan kepala.

Dua pendukung setia PSIS, Panser Biru dan Snex kembali bersorak menit 35. Memanfaatkan umpan Hari Nur, Alves kembali merobek jala tim tamu yang dikawal Diki Zulkarnaen. Gol cepat kembali menggetarkan jala tim tamu di paruh kedua. Kali ini melalui Hari Nur yang memanfaatkan umpan I Gede Jeno menit 48, 3-0.

Persikad semakin terpuruk setelah Fadli Haris dikartu merah pada menit 52. Di paruh pertama, dia sudah mendapatkan kartu kuning karena bermain kasar. Unggul jumlah pemain, Firmandoyo menambah striker dengan menarik Jeno diganti Robi Fajar. Bek Ryco Fernanda juga masuk menggantikan Nurul Huda.
Hari Nur kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan matang dari Imral pada menit 68. Pesta di Stadion Jatidiri itu ditutup oleh aksi solo run Alves sepuluh menit berselang. Sayang, Alves tak dapat menyelesaikan laga karena dihadiahi kartu kuning kedua lantaran menyikut bek Persikad Aji Nurpijal. ”Anak-anak bermain dengan baik, sesuai yang kami instruksikan. Namun, anak-anak tidak boleh berpuas diri. Masih ada dua pertandingan tersisa yang harus dimenangi untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen,” tutur Asisten pelatih PSIS EKo Purjianto usai laga.